Rayakan Milad Ke – 13, UPT Perpustakaan UMGO Komitmen Pertahankan Akreditasi A

Bertepatan dengan Bulan Kemerdekaan Agustus, tepat pada tanggal 19 Agustus 2022 UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) resmi berumur 13 Tahun.

Sebagai rangkaian milad yang ke – 13 Perpustakaan UMGO mengadakan Syukuran dan Workshop, yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan, Perpustakaan UMGO pada Jum’at (19/8/2022).

Saat memberikan pengantar Kepala UPT Perpustakaan UMGO, Dr. Saida Gani M.Sos.I., mengucapkan terimakasih kepada pegawai perpus yang telah membantunya bekerja ekstra hingga kerja kerja keras tersebut membuahkan hasil yang manis dimana UPT Perpustakaan UMGO berhasil memperoleh akreditasi A atau Unggul.“Tanpa ada kerjasama kita tidak akan berada dititik ini. Terimakasih kepada pimpinan, karena tanpa ada dukungan dari pimpinan maka hal ini tentu pasti sulit kita raih,”ucapnya.

Dr. Saida dalam kesempatan tersebut menegaskan bahwa ia berkomitmen untuk mempertahankan akreditasi A kepada Rektor UMGO, ia meminta untuk meningkatkan sarana dan prasarana UMGO, karena hanya ada dua cara bisa mempertahankan akreditasi.

“Yang pertama kita harus menuju ke arah digitalisasi dimana saat ini beberapa layanan di Perpus sudah menerapkan digital seperti Repository dan pendaftaran anggota Perpus Online. Namun artinya kita saat ini belum memiliki peralatan multimedia dan SDM sendiri, kemudian langkah selanjutnya dnegan mendirikan kembali Reading Coorner yang sebelumnya sudah pernah ada,”pintanya

Sementara itu, Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Indonesia Timur, Ampa Uleng Zainuddin, S. Hum, M. Pd., saat memberikan sambutan mengucapakan selamat milad ke – 13 perpustakaan UMGO, semoga perpustakaan UMGO lebih berkembang lagi, dapat mempertahankan akreditasi A dan melahirkan inovasi-inovasi yang baru“Karena terus terang saya selaku Kepala Perpus di IAIN Gorontalo merasa perlu berguru dengan UMGO, karena saat ini kami sendang berusaha mencapai akreditasi A,”ungkapnya.

Prestasi yang telah dicapai UMGO juga ini turut dipuji oleh Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Ir. Erna Harmain, M.Si. Dimana ia mengatakan perkembangan perpustakaan di UMGO ini sangat baik sekali.

“Saya melihat perpustakaan UMGO sangatlah mandiri meskipun tanpa melibatkan dinas terkait tapi bisa memperjuangkan akreditas A.
Mudah-mudahan dengan prestasi ini bisa menjadi acuan untuk perguruan tinggi lain apa yang menjadi kinerja dari perpustakaan UMGO bisa diikuti dan memotivasi kita untuk bisa menjadi perpustakaan dengan akreditas A baik untuk perguruan juga dengan Perpustakaan Umum Provinsi Gorontalo yang saat ini masih akreditasi B,”pujinya.

Terakhir, Rektor UMGO Prof. Abd Kadim Masaong, M.Pd., saat memberikan sambutannya mengatakan prestasi yang telah diperoleh UPT Perpustakaan UMGO saat ini merupakan prestasi yang luar biasa.
Hal tersebut sejalan dengan cita-citanya yang saat ini telah mencanangkan kampus berbasis digital.

“Bayangan saya saat ini di Perpus, bagaimana buku ini sudah tidak ada disini, bagaimana buku itu bisa tersedia berbasis digital atau dikenal dengan E-Book,”bebernya

Rektor Kadim juga meminta, untuk sama-sama bertekad menjaga akreditas yang telah diperoleh ini, karena mempertahankan itu lebih susah dari pada mendapatkan, tapi ia optimis kepala UPT Perpus saat ini dapat mempertahankan nilai akreditas A tersebut.(Hms)